Rabu, 19 Oktober 2011

Mengobati Hati yang Luka

Namanya juga orang hidup, nggak selamanya senang terus. Ada kalanya kita menemukan sesuatu yang bikin kita nggak enak dan sedih hati. Nah, sebenernya justru semua itu adalah bagian dari karunia Allah, supaya kita tahu bahwa sebenarnya manusia sangat lemah dan sangat terbatas.

Nah, kalo dalam kondisi down begitu, musti harus kudu dan wajib nyari jalan keluarnya. Dan itu nggak rnahal, Sob! Mari kita lihat langkah-langkah di bawah ini, semoga ada manfaatnya.

1. Curhat
Sertakan masalah sama orang lain misalnya ortu, sahabat karib, ustadz dan orang-orang yang kita percayai, bakalan bisa mengurangi beban ketegangan pikiran. Tentu saja bukan untuk menceritakan kejelekan orang lain maupun membuka aib sendiri, tetapi kita arahkan untuk mencari solusi.

2. "Bertapa" sejenak
Kalo masalahnya terasa begitu sulit diatasi dan sudah kita coba berulang-ulang ternyata belum terselesaikan juga, coba deh kita slow down barang beberapa jenak. Kita diem dan merenung. Ini bukan berarti kita meninggalkan masalah. Setelah agak tenang, kita coba untuk memetakan masalahnya dan ngumpulin fakta-fakta untuk kemudian dicari solusinya,sehingga kita bisa bertindak lebih rasional.

3. Bantu.bantu orang lain.
Apa bener nih? Lagi susah kok malah coba bantuin orang lain? Sama sekali nggak salah. Dengan membantu orang lain, bisa jadi kita malah menemukan hikmah bahwa ternyata masih banyak orang lain yang lebih terluka daripada kita, tapi meraka masih bisa menghadapinya. Jadi, belajar deh dari itu.

4. Salamatus sodr (berlapang dada)
Konon ini adalah sikap hati yang paling hebat. Kita bisa berlapang dada (sabar+ tawakal) dengan apa yang terjadi pada kita. Dengan tetep masih bisa ngeliat sisi positif pada musibah yang sedang terjadi pada kita. Inget jek, setiap kejadian pasti ada hikmah dibaliknya.

5. Rekreasi
Ngilangin kejenuhan adalah bagian dari cara menghindari konflik dan ketegangan. Melihat pamandangan yang hijau, menikmati lembutnya pasir pantai, .menghirup segarnya udara pagi sangat dianjurkan, hmm bisa bikin kita fresh. Bahkan akan lebih bagus kalo punya jadwal rutin.

6. Banyak Zikir
Hanya dengan banyak mengingat Allah hati menjadi tenang dan tenteram jek. (QS:13:28).

7. Keyakinan
Sikap yakin kita bahwa segala cobaan hidup itu datangnya dari Allah dan bakalan membuat kita lebih kuat, sangat penting untuk kita perhatikan. Dengan keyakinan ini, kita akan selalu menempatkan diri pada sisi positif walau apapun yang terjadi. Rumusnya adalah: Allah nggak akan memberikan cobaan melebihi kemampuan kita. Satu lagi! Setelah kesulitan pasti ada kemudahan...

Saksi, Kahfi N21 TII 230306