Kamis, 13 Oktober 2011

Jurus Sukses Bikin Mading

Bikin mading sekolah tuh gampang-gampang susah. Dibilang sulit, kalo dipikirin caranya sih nggak begitu meribetkan. Dibilang mudah, tapi kok ya mading di sekolah kita sering kali cuman nongol untuk sekali dalam jangka waktu yang lama. Padahal alangkah senengnya kalo sekolah kita punya mading yang menarik dan nggak ngebosenin. Nah, sulit nggak sih membuat mading yang oke seperti itu?

Yang jelas, butuh usaha untuk membuat hal itu. Simak deh tips berikut ini:

  • Bentuk tim pengelola atau tim redaksi. Kalau di sekolah kamu belum ada tim pengelola, segeralah berinisiatif dan mengonstultasikan dengan pihak sekolah. Bisa juga tuh melalui guru Bahasa Indonesia.
  • Setelah diizinkan oleh pihak sekolah, kumpulkan teman-teman yang memiliki minta dan bakat khususnya untuk jadi wartawan. Inget, jangan asal pilih. Salah-salah entar malah rugi lantaran ada temen yang cuma senang wawancara tapi malas untuk menulis beritanya :)
  • Buat rencana penerbitan boleh sebulan seklai, setengah bulan, atau bahkan satu semester sekali. Seiring dengan itu, tentukan juga nama mading sekolah kamu. Boleh juga bikin poling ke semua siswa.
  • Tentukan struktur organisasi dan deskripsi tugas masing-masing jabatan. Misalnya tugas pemimpin redaksi apa aja, tugas editor, reporter, sampai tugas penata letak dan bendahara.
  • Bikin rubrik yang menarik  dan nggak ketinggalan zaman. Misalnya rubrik iptek yang khusus menampilkan artikel tentang teknologi tepat guna dan sejenisnya, rubrik salam kenal sesama siswa, rubrik puisi dan cerpen, dan kalau bisa juga ada rubrik fotografi. Yang ada di majalah juga bisa tuh ditiru. Tapi bakalan lebih asyik kalo bikin sendiri, nggak asal nempelin dari media aja.
  • Promosi itu penting, agar hasil karyamu itu dapaat dinikmati oleh seluruh siswa di sekolah.
  • Sering lihat Internet, dan sumber-sumber informasi lainnya. Hal itu akan menolong kita untuk menampilkan berita yang segar dan up to date.
  • Dan kunci semuanya itu, harus ada keinginan, keberanian, dan keyakinan diri bahwa kamu bisa. Oke, layak dicoba kan? Good luck!
Saksi, Kahfi, N20 T2 090306