Minggu, 08 Mei 2011

Solusi untuk mengurangi iklan saat browsing

Iklan atau advertisement (sering disingkat dengan ad atau ads) adalah hal yang sudah biasa kita jumpai di dunia maya. Tidak hanya iklan yang sekedar menempel saja, pop-up yang tiba-tiba muncul juga sangat mengganggu. :@ Wkwk. Bagaimana cara mengatasinya agar iklan tersebut tidak bermunculan? Hmm, Andi punya solusi untuk masalah ini.

Pada kali ini andi akan membahas tentang cara memblokir iklan ini dengan menginstall add-ons pada Mozilla Firefox dan menambahkan filter di Content Blocker pada Opera. Keuntungannya apa aja sih kalau memblokir iklan? Hm.. Banyak sekali, beberapa diantaranya ialah: Mempercepat loading saat browsing, Menghemat proses download, Menghemat waktu, dan lain-lain. Oke, Mau bahas yang mana dulu ya?? Firefox atau Opera??? Opera aja dulu deh...


-----------------------------------------------------------------------  
Memblokir iklan pada peramban Opera 
Andi lebih suka membahas yang ini, coz Opera tidak perlu menambahkan add-ons atau plugin untuk memblokir iklan. Caranya cukup mudah, berikut langkah-langkahnya:
1). Download berkas urlfilter.ini disini. (Klik kanan lalu pilih "Save Linked Content As..." atau "Save Link As..." untuk mendownload)
2). Simpan berkas urlfilter.ini di desktop / atau lokasi yang kamu kehendaki.
3). Setelah proses download selesai, Copy atau Cut urlfilter.ini tersebut.
4). Apabila Opera sedang berjalan, tutup terlebih dahulu.

5). Langkah ini hanya berlaku untuk Windows 7 jika sistem operasi anda bukan Windows 7, silahkan maju ke langkah 6.
a. Silahkan buka explorer lalu paste alamat berikut pada address bar:
%userprofile%\AppData\Roaming\Opera\Opera\
b. Tekan Enter.
c. Paste urlfilter.ini yang telah di copy tadi ke dalam direktori tersebut.
d. Replace (ganti) jika ada berkas yang sama.

6).  Langkah ini hanya berlaku untuk Windows XP jika sistem operasi anda bukan Windows XP, silahkan maju ke langkah 7.
a. Silahkan buka explorer lalu paste alamat berikut pada address bar:
%userprofile%\Application Data\Opera\Opera\
b. Tekan Enter.
c. Paste urlfilter.ini yang telah di copy tadi ke dalam direktori tersebut.
d. Replace (ganti) jika ada berkas yang sama.

7).  Langkah ini hanya berlaku untuk Linux jika sistem operasi anda bukan Linux, silahkan maju ke langkah 8.
a. Silahkan buka direktori berikut pada file manager:
 ~/.opera/
b. Tekan Enter.
c. Paste urlfilter.ini yang telah di copy tadi ke dalam direktori tersebut.
d. Replace (ganti) jika ada berkas yang sama.

8).  Langkah ini hanya berlaku untuk Mac OSX  jika sistem operasi anda bukan Mac OSX, silahkan maju ke langkah 9.
a. Silahkan buka direktori berikut:
 /Users/"username kamu"/Library/Preferences/Opera Preferences/
b. Tekan Enter.
c. Paste urlfilter.ini yang telah di copy tadi ke dalam direktori tersebut.
d. Replace (ganti) jika ada berkas yang sama.

9. Jalankan Opera seperti biasa dan kamu sekarang terbebas dari iklan! =)

-----------------------------------------------------------------------
 
Memblokir iklan pada peramban Firefox.
Firefox memerlukan addons tambahan untuk memblokir iklan. Nama addonsnya ialah Adblock Plus. Meski menggunakan addons, cara ini sangat super simple wkwkwk. Memang sih, pemasangannya tidak serumit pada Opera. Bagaimana cara memasangnya? Yuk, kita ikuti langkah berikut:

Perhatian! Langkah berikut ini adalah langkah yang berlaku bagi semua sistem operasi apapun. Diperlukan Mozilla Firefox versi 3.5 - keatas untuk dapat menggunakan Adblock Plus ini
1. Buka Firefox kamu
2. Masuk ke situs ini https://addons.mozilla.org/id/firefox/addon/adblock-plus/
3. Klik tombol hijau besar yang bertuliskan "Add to Firefox" / "Pasang pada Firefox"
4. Klik tombol "Install Now" / "Pasang Sekarang"
5. Tunggu proses download.
6. Klik tombol "Restart Firefox"
7. Buka pengaturan addons Adblock Plus
8. Klik "Filters" > "Add filter subscription..."
9. Pilih  "Fanboy's List (English)" pada dropdown menu, lalu klik "Add Subscription"
10. Klik "OK"

Browsing seperti biasa dan kamu akan terbebas dari iklan =D